Terima Kasih Atas Kunjungannya. semoga Blog Ini Bermanfaat bagi anda.

Senin, 04 Juni 2012

Peradaban China Kuno


·       Latar belakang perkembangan peradaban cina kuno
Cina merupakan peradaban tertua kedua di dunia, dimana perkembangan seni dan arsitektur cina sudah ditemukan sejak jaman Neolitikum (Jaman Batu Baru) atau sekitar 2000 tahun SM. Seperti halnya yang terjadi di Mesir, Mesopotamia dan peradaban lainya timbulnya suatu jaman kebudayaan yang tinggi tarafnya dan berperan luas bernadi di sebuah sungai; begitu juga yang terjadi pada peradaban kuno Cina yaitu disekitar sungai Huang Huo. Perkembangan arsitektur kuno cina memiliki sejarah yang sangat panjang dan memiliki prestasi yang sangat luarbiasa. Arsitektur kuno cina-pun sudah berhasil menciptakan beberapa karya arsitektur terkenal yang terbilang ’ajaib’ seperti Tembok Besar Cina. Dalam proses perkembangannya, teknik arsitektur yang luarbiasa berkombinasi dengan desain artistik yang sudah fenomenal-lah yang menimbulkan keunikan pada seni arsitektur cina sampai sekarang ini. Keunikan inilah yang membuat para ahli selalu terkagum-kagum akan arsitektur cina kuno, begitu juga kami. Arsitektur cina merupakan satu dari tiga yang memiliki sistem arsitektur terbaik didunia selain Arsitektur Eropa dan Arsitektur Islam. Selain itu arsitektur cina juga memiliki banyak keunikan dalam peraturan dan filosofi dalam ilmu arsitekturnya seperti Feng Shui dan Hong Shui, dan filosofinya yang sudah amat mendunia, Yin dan Yang.
Dinasti Shang (1570-1045 SM)
Sebelum dinasty shang berkembang ada dinasti yang bernama dinasty hsia (2205- 1570SM), namun peradabannya tidak banyak diketahui setelah itu munculah dynasty shang. Peradaban dari dinasty shang tumbuh dan berkembang secara langsung dari periode buaya pada jaman neolithik. Suatu jangka waktu yang penting diawal perkembangan sejarah cina. pada zaman dinasty shang masyarakatnya sudah hidup menetap pada sebuah desa atau perkampungan. Masyarakat pada waktu itu sudah mengenal suatu kepercayaan yaitu memelihara artifak. Yang menjadi bukti adanya prosesi penguburan jenasah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu desa pada jaman dinasty ini terpusat dalam propinsi henan di cina. Selain itu banyak peninggalan yang ditemukan pada waktu itu diantaranya keramik yang paling terkemuka dan besar, guci yang dipakai sebagai jambangan /kendi penguburan, serta kapal yang menyatakan orangorang
pada jaman dinasty shang mempunyai beberapa gambaran pemujaan. Raja-raja pada jaman ini juga membangun pusara yang diperuntukan untuk upacara keagamaan. Peradaban dinasty shang kemudian mengalami perkembangan terutama pada masa kerajaan yin. Masa kerajaan yin informasi tentang politik ekonomi, budaya, agama, geografi, ilmu perbintangan, penanggalan, obat/kedokteran dan seni sudah ada. Terbukti dari penemuan pada kerajaan yin.
Dinasti Chou (1045-265 SM)
Para raja pada dinasty shang tidak mampu mengendalikan pemerintah hanya meningkatkan kekuatan suku-suku bangsanya. Hal ini mendapat tanggapan dari dynasty chou untuk menguasainya. Kebudayan-kebudayaan pada jaman dinasty shang dirubah salah satu contohnya tentang aturan tempat duduk keturunan raja. Perubahan kebudayaan tersebut tidak sepenuhnya dilakukan namun ada yang masih dipertahankan seperti sarana yang dipakai sebagai penghormatan terhadap nenek moyang. Didalam perkembangan dinasty chou banyak hasil karya seni yang dihasilkan diantaranya lukisan pada sutra, pahatan pada kayu, serta teknik pada memasang kaca keramik yang sekaligus menandai adanya gaya dan pengembangan baru pada dinasty ini. Peradaban dari dynasty ini lebih cenderungb ketimuran sebab rakyat pada waktu itu dipaksa melarikan diri dari penyerangan suku lainnya sehingga ibukotanya dipindahkan dari xi’an ke luoyang
Dinasti Chin (221-206 SM)
Walaupun singkat, sejarah dinasty chin merupakan Suatu peradaban penting dalam sejarah cina. Dinasty chou yang kerajaannya lebih bersifat ketimuran. Itu diakhiri dengan suatu konsolidasi kekuasaan dibawah kaisar shih huang ti. Shih huang ti memerintah kerajaannya dengan penuh semangat sehingga menjadikan kerajaannnyatersebut kuat.
Hasil-hasil kebudayaan pada jamna ini yang terkenal adalah peninggalan dari kuburan kaisar shih huang ti yang dimakamkan pada suatu gundukan tanah penguburan raksasa dibarat lau provinsi shansi. Disekitar kuburan tersebut terdapat keindahan 6000 terra cotta figur manusia dan kuda yang memiliki tujuan untuk melindungi gereja bawah tanah shih huang ti. Figur-figur tersebut didandani sehingga menyerupai pasukan-pasukan kerajan dan dilengkapi chavioteers dan pemanah, seperti halnya prajurit-prajurit muda.
Dinasti Han (206 SM – 220 M)
Setelah Kaisar Shih Huang Ti meninggal, kekuatan kerajaan kerajaan dinasti Chin tak dapat dipertahankan sehingga kekuasaannya dikendalikan oleh kekaisaran Han.Adapun hasil-hasil karya seni serta karya arsitektur yang terdapat pada dinasti Han adalah:
a. Lukisan
Lukisan – lukisan pada jaman ini lebih menceritakan potret mengenai kekuasaankaisar. Ada pula lukisan yang menceritakan tentang alam baka dan legendatentang pahlawan masa lampau.
b. Pusara dan Pusara Artifak
Pusara adalah salah satu karya arsitektur yang ditemukan pada dinasti Han.Taknologi ilmu bangunannya cukup canggih.Terlihat pada konstruksi lokasipenguburan yang rumit. Kuburan-kuburan pada zaman ini memiliki perbedaan(khas) dimana terdapat miniatur rumah dan didalam kuburannya berisi binatangkesayangan para pelayan, dan berbagai macam sortiran objek dalam kehidupansehari-hari. Kamar bawah tanah pangeran Liu Sheng adalah salah satu contohnya.
Enam Dinasti (220-589 M)
Setelah dinasti Han mengalami kerobohan dilanjutkan dengan enamdinasti untuk mengendalikan kerajaan-kerajaan dalam periode ini. Kesenian Cinatelah dipengaruhi oleh gagasan lain, termasuk pengembangan kearah yang bersifatreligius. Adapun sistem kepercayaan yang mereka anut adalah Konfusianisme danTaoisme. Ajaran tersebut mengajarkan untuk bersikap baik kepada orang tua,mengsihi alam dan legenda rakyat.
a. Seni Budha
Efek agama yang mengacu pada seni dipengaruhi oleh Budhisme yang datangdari India. Se5telah empat abad dengan satu penerangan gaya serta pokokpenciptaan suatu kategori Arsitektur dan Seni Budha yang baru dalam tradisiCina. Salah satu hasil karya seni yang masih tetap dipelihara adalah lukisantembok yang berdasarkan pada cerita-cerita dianggap suci. Ada pula baturaksasa yang berisi ukiran Dewa Budha di pegunungan Henan, ProvinsiShensi. Pagoda kayu merupakan salah satu karya arsitektur yang mendasaristupa orang india dan menara dinasti Han.
b. Seni Lukis.
Ada tiga buah lukisan yang terkenal, dikenal oleh Gu kaizhi yang memuatidua versi dongeng 10 cerita sungai (Migras galeri seni, Washington DC, danmuseum Istana,Beijing).
Dinasti Tang (618-907 M)
Pada dinasti ini terjadi beberapa pergantian kepemimpinan sehingga berakhirpada kepemimpinan raja Tai-Tsung dengan pemerintahan stabil mencuat kehidupanperekonomiannya semakin makmur. Hasil – hasil karya yang ada pada Zaman ini yaitu:
a. Lukisan
Masa seni lukis pada dinasti Tang merupakan kelanjutan dari dinasti Hannamun telah disuling. Salah satu seniman yang terkenal adalah Yan Libenyang melukiskan 13 penguasa dari dinasti Han ke dinasti Sui dalam PortratisTang (Museum seni rupa, Boston, Massachusetts).
b. Seni Menghias
Seni menghias pada Dinasti Tang banyak mendapat pengaruh dari timurtengah yang dibawa oleh pedagang dan montir. Banyak hasil berupa logamdan keramik yang berkembang pada waktu diantaranya Tembokar, porselin,keramik, dll.
Dinasti Sung (960-1279M)
Kaisar Sung pada masa pemerintahannya berusaha untuk menjaga perdamaiandan persahabatan dengan daerah-daerah disekitarnya yang pernah menjadi musuhnya.Karya-karya seni serta arsitektur mulai menunjukkan suatu introspeksi dan perbaikan darisebelumnya. Gaya-gaya arsitektur pada waktu itu melahirkan karya-karya barudiantaranya puncak menara yang berbeda dengan yang lainnya. Atap yang dobengkokkanmerupakan suatu karakter tersendiri. Balok-balok lintang disusun sedemikian rupa untukmenahan beban dari atap. Pagoda menjadi salah satu jenis struktur religius yang paling utama.
Dinasti Yuan (1279-1368M) (Mongolia)
Adanya inovasi mongol perubahan besar terutama dalam bidang seni dan karyakaryaarsitektur. Di dalam arsitektur, Mongol telah membuat sebuah kontribusi
substansiil dalam hal struktur yang selain menekankan massa di dalam bangunannya.Struktur-struktur kerajaan pada umumnya dibangun dengan membentuk sebuah simetris.Bahan-bahan yang banyak digunakan adalah dari batu pualam.



·        Factor penyebab timbulnya kepercayaan pada masa peradaban cina kuno
kepercayaan masyarakat cina kuno bercorak politheisme. Selain menyembah dewa-dewi, mereka juga memuja roh leluhur. Menurut kepercayaan cina kuno, berbagai peristiwa yang terjadi di dunia ini merupakan kehendak dari para dewa. Peristiwa-peristiwa itu meraka catat menjadi suatu kumpulan berupa buku yang disebut syu-cing.
Pemujaan roh para leluhur dilakukan oleh anak laki-laki. Oleh karena itu anak laki-laki mempunyai kedudukan istimewa dalam keluarga. Pemujaan leluhur ini dilakukan dengan upacara tertentu. Berikut ini adalah nama-nama dewa-dewi dalam kepercayaan masyarakat cina.
Ø Syang-ti adalah dewa langit sekaligus dewa teringgi.
Ø Feng-pa adalah dewa angin.
Ø Lei-shih adalah dewa badai yang digambarkan sebagai Naga besar.
Ø Tai-shan adalah dewa penguasa bukit suci.

·       Pengaruh yang timbul akibat kepercayaan pada masa cina kuno
Akibat kepercayaan pada masa cina kuno, banyak pemujaan terhadap dewa-dewi dan roh leluhur. Dalam melakukan pemujaan terhadap roh leluhur masyarakat cina melakukan upacara tertentu, Pemujaan tersebut dilakukan oleh anak laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan sopan, jangan komentar menggunakan kata-kata kotor.