· Latar belakang perkembangan peradaban cina kuno
Cina
merupakan peradaban tertua kedua di dunia, dimana perkembangan seni dan
arsitektur cina sudah ditemukan sejak jaman Neolitikum (Jaman Batu Baru) atau
sekitar 2000 tahun SM. Seperti halnya yang terjadi di Mesir, Mesopotamia dan
peradaban lainya timbulnya suatu jaman kebudayaan yang tinggi tarafnya dan
berperan luas bernadi di sebuah sungai; begitu juga yang terjadi pada peradaban
kuno Cina yaitu disekitar sungai Huang Huo. Perkembangan arsitektur kuno cina
memiliki sejarah yang sangat panjang dan memiliki prestasi yang sangat
luarbiasa. Arsitektur kuno cina-pun sudah berhasil menciptakan beberapa karya
arsitektur terkenal yang terbilang ’ajaib’ seperti Tembok Besar Cina. Dalam
proses perkembangannya, teknik arsitektur yang luarbiasa berkombinasi dengan desain
artistik yang sudah fenomenal-lah yang menimbulkan keunikan pada seni
arsitektur cina sampai sekarang ini. Keunikan inilah yang membuat para ahli
selalu terkagum-kagum akan arsitektur cina kuno, begitu juga kami. Arsitektur
cina merupakan satu dari tiga yang memiliki sistem arsitektur terbaik didunia
selain Arsitektur Eropa dan Arsitektur Islam. Selain itu arsitektur cina juga
memiliki banyak keunikan dalam peraturan dan filosofi dalam ilmu arsitekturnya
seperti Feng Shui dan Hong Shui, dan filosofinya yang sudah amat mendunia, Yin
dan Yang.
Dinasti Shang (1570-1045 SM)
Sebelum dinasty shang berkembang ada dinasti yang bernama dinasty hsia
(2205- 1570SM), namun peradabannya tidak banyak diketahui setelah itu munculah
dynasty shang. Peradaban dari dinasty shang tumbuh dan berkembang secara
langsung dari periode buaya pada jaman neolithik. Suatu jangka waktu yang
penting diawal perkembangan sejarah cina. pada zaman dinasty shang
masyarakatnya sudah hidup menetap pada sebuah desa atau perkampungan.
Masyarakat pada waktu itu sudah mengenal suatu kepercayaan yaitu memelihara
artifak. Yang menjadi bukti adanya prosesi penguburan jenasah dalam kehidupan
sehari-hari. Salah satu desa pada jaman dinasty ini terpusat dalam propinsi
henan di cina. Selain itu banyak peninggalan yang ditemukan pada waktu itu
diantaranya keramik yang paling terkemuka dan besar, guci yang dipakai sebagai
jambangan /kendi penguburan, serta kapal yang menyatakan orangorang
pada jaman dinasty shang mempunyai beberapa gambaran pemujaan.
Raja-raja pada jaman ini juga membangun pusara yang diperuntukan untuk upacara
keagamaan. Peradaban dinasty shang kemudian mengalami perkembangan terutama
pada masa kerajaan yin. Masa kerajaan yin informasi tentang politik ekonomi,
budaya, agama, geografi, ilmu perbintangan, penanggalan, obat/kedokteran dan
seni sudah ada. Terbukti dari penemuan pada kerajaan yin.
Dinasti Chou (1045-265 SM)
Para raja pada dinasty shang tidak mampu mengendalikan pemerintah hanya
meningkatkan kekuatan suku-suku bangsanya. Hal ini mendapat tanggapan dari
dynasty chou untuk menguasainya. Kebudayan-kebudayaan pada jaman dinasty shang
dirubah salah satu contohnya tentang aturan tempat duduk keturunan raja.
Perubahan kebudayaan tersebut tidak sepenuhnya dilakukan namun ada yang masih
dipertahankan seperti sarana yang dipakai sebagai penghormatan terhadap nenek
moyang. Didalam perkembangan dinasty chou banyak hasil karya seni yang
dihasilkan diantaranya lukisan pada sutra, pahatan pada kayu, serta teknik pada
memasang kaca keramik yang sekaligus menandai adanya gaya dan pengembangan baru
pada dinasty ini. Peradaban dari dynasty ini lebih cenderungb ketimuran sebab
rakyat pada waktu itu dipaksa melarikan diri dari penyerangan suku lainnya
sehingga ibukotanya dipindahkan dari xi’an ke luoyang
Dinasti Chin (221-206 SM)
Walaupun singkat, sejarah dinasty chin merupakan Suatu peradaban
penting dalam sejarah cina. Dinasty chou yang kerajaannya lebih bersifat
ketimuran. Itu diakhiri dengan suatu konsolidasi kekuasaan dibawah kaisar shih
huang ti. Shih huang ti memerintah kerajaannya dengan penuh semangat sehingga
menjadikan kerajaannnyatersebut kuat.
Hasil-hasil kebudayaan pada jamna ini yang terkenal adalah peninggalan
dari kuburan kaisar shih huang ti yang dimakamkan pada suatu gundukan tanah
penguburan raksasa dibarat lau provinsi shansi. Disekitar kuburan tersebut
terdapat keindahan 6000 terra cotta figur manusia dan kuda yang memiliki tujuan
untuk melindungi gereja bawah tanah shih huang ti. Figur-figur tersebut
didandani sehingga menyerupai pasukan-pasukan kerajan dan dilengkapi
chavioteers dan pemanah, seperti halnya prajurit-prajurit muda.
Dinasti Han (206 SM – 220 M)
Setelah Kaisar Shih Huang Ti meninggal, kekuatan kerajaan kerajaan
dinasti Chin tak dapat dipertahankan sehingga kekuasaannya dikendalikan oleh
kekaisaran Han.Adapun hasil-hasil karya seni serta karya arsitektur yang terdapat
pada dinasti Han adalah:
a. Lukisan
Lukisan –
lukisan pada jaman ini lebih menceritakan potret mengenai kekuasaankaisar. Ada
pula lukisan yang menceritakan tentang alam baka dan legendatentang pahlawan
masa lampau.
b. Pusara
dan Pusara Artifak
Pusara adalah
salah satu karya arsitektur yang ditemukan pada dinasti Han.Taknologi ilmu
bangunannya cukup canggih.Terlihat pada konstruksi lokasipenguburan yang rumit.
Kuburan-kuburan pada zaman ini memiliki perbedaan(khas) dimana terdapat
miniatur rumah dan didalam kuburannya berisi binatangkesayangan para pelayan,
dan berbagai macam sortiran objek dalam kehidupansehari-hari. Kamar bawah tanah
pangeran Liu Sheng adalah salah satu contohnya.
Enam
Dinasti (220-589 M)
Setelah dinasti Han mengalami kerobohan dilanjutkan dengan enamdinasti
untuk mengendalikan kerajaan-kerajaan dalam periode ini. Kesenian Cinatelah
dipengaruhi oleh gagasan lain, termasuk pengembangan kearah yang
bersifatreligius. Adapun sistem kepercayaan yang mereka anut adalah
Konfusianisme danTaoisme. Ajaran tersebut mengajarkan untuk bersikap baik
kepada orang tua,mengsihi alam dan legenda rakyat.
a. Seni
Budha
Efek agama
yang mengacu pada seni dipengaruhi oleh Budhisme yang datangdari India.
Se5telah empat abad dengan satu penerangan gaya serta pokokpenciptaan suatu
kategori Arsitektur dan Seni Budha yang baru dalam tradisiCina. Salah satu
hasil karya seni yang masih tetap dipelihara adalah lukisantembok yang
berdasarkan pada cerita-cerita dianggap suci. Ada pula baturaksasa yang berisi
ukiran Dewa Budha di pegunungan Henan, ProvinsiShensi. Pagoda kayu merupakan
salah satu karya arsitektur yang mendasaristupa orang india dan menara dinasti
Han.
b. Seni
Lukis.
Ada tiga buah
lukisan yang terkenal, dikenal oleh Gu kaizhi yang memuatidua versi dongeng 10
cerita sungai (Migras galeri seni, Washington DC, danmuseum Istana,Beijing).
Dinasti Tang (618-907 M)
Pada dinasti ini terjadi beberapa pergantian kepemimpinan sehingga
berakhirpada kepemimpinan raja Tai-Tsung dengan pemerintahan stabil mencuat
kehidupanperekonomiannya semakin makmur. Hasil – hasil karya yang ada pada
Zaman ini yaitu:
a. Lukisan
Masa seni
lukis pada dinasti Tang merupakan kelanjutan dari dinasti Hannamun telah
disuling. Salah satu seniman yang terkenal adalah Yan Libenyang melukiskan 13
penguasa dari dinasti Han ke dinasti Sui dalam PortratisTang (Museum seni rupa,
Boston, Massachusetts).
b. Seni
Menghias
Seni menghias
pada Dinasti Tang banyak mendapat pengaruh dari timurtengah yang dibawa oleh
pedagang dan montir. Banyak hasil berupa logamdan keramik yang berkembang pada
waktu diantaranya Tembokar, porselin,keramik, dll.
Dinasti Sung (960-1279M)
Kaisar Sung pada masa pemerintahannya berusaha untuk menjaga
perdamaiandan persahabatan dengan daerah-daerah disekitarnya yang pernah
menjadi musuhnya.Karya-karya seni serta arsitektur mulai menunjukkan suatu
introspeksi dan perbaikan darisebelumnya. Gaya-gaya arsitektur pada waktu itu
melahirkan karya-karya barudiantaranya puncak menara yang berbeda dengan yang
lainnya. Atap yang dobengkokkanmerupakan suatu karakter tersendiri. Balok-balok
lintang disusun sedemikian rupa untukmenahan beban dari atap. Pagoda menjadi
salah satu jenis struktur religius yang paling utama.
Dinasti Yuan (1279-1368M) (Mongolia)
Adanya inovasi mongol perubahan besar terutama dalam bidang seni dan
karyakaryaarsitektur. Di dalam arsitektur, Mongol telah membuat sebuah
kontribusi
substansiil dalam hal struktur yang selain menekankan massa di dalam
bangunannya.Struktur-struktur kerajaan pada umumnya dibangun dengan membentuk sebuah
simetris.Bahan-bahan yang banyak digunakan adalah dari batu pualam.
·
Factor penyebab timbulnya
kepercayaan pada masa peradaban cina kuno
kepercayaan masyarakat cina
kuno bercorak politheisme. Selain menyembah dewa-dewi, mereka juga memuja roh
leluhur. Menurut kepercayaan cina kuno, berbagai peristiwa yang terjadi di
dunia ini merupakan kehendak dari para dewa. Peristiwa-peristiwa itu meraka
catat menjadi suatu kumpulan berupa buku yang disebut syu-cing.
Pemujaan roh para leluhur
dilakukan oleh anak laki-laki. Oleh karena itu anak laki-laki mempunyai
kedudukan istimewa dalam keluarga. Pemujaan leluhur ini dilakukan dengan
upacara tertentu. Berikut ini adalah nama-nama dewa-dewi dalam kepercayaan
masyarakat cina.
Ø Syang-ti adalah dewa langit
sekaligus dewa teringgi.
Ø Feng-pa adalah dewa angin.
Ø Lei-shih adalah dewa badai
yang digambarkan sebagai Naga besar.
Ø Tai-shan adalah dewa
penguasa bukit suci.
· Pengaruh yang timbul akibat kepercayaan pada masa cina kuno
Akibat kepercayaan pada masa
cina kuno, banyak pemujaan terhadap dewa-dewi dan roh leluhur. Dalam melakukan
pemujaan terhadap roh leluhur masyarakat cina melakukan upacara tertentu,
Pemujaan tersebut dilakukan oleh anak laki-laki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarlah dengan sopan, jangan komentar menggunakan kata-kata kotor.